Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Cara menjaga agar susu formula aman dari bakteri | Belajar Sehat

Cara menjaga susu formula tetap steril, bebas dari bakteri enterobacter sakazakii
Bakteri dengan nama enterobacter sakazakii ini pertama kali ditemukan pada usus 78 bayi yang terkena infeksi meningitis pada tahun 1958. Meskipun bakteri ini dapat menyerang siapa saja namun yang paling rawan terkena adalah bayi. Meskipun infeksi karena bakteri ini jarang terjadi, namun jika terjangkit dapat mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya sampai dapat mengancam jiwa, diantaranya adalah neonatal meningitis (infeksi selaput otak pada bayi), hidrosefaus (kepala besar karena cairan otak berebihan), sepsis (infeksi berat) dan necrotizing enterocolitis (kerusakan berat saluran cerna). Sedangkan pada beberapa kasus dilaporkan terjadi infeksi saluran kencing.

Hindah Muaris alumni jurusan Teknologi Pangan dan Gizi dalam bukunya Hidangan sehat untuk ibu menyususi menjelaskan bahwasannya, Infeksi otak yang disebabkan oleh E. sakazakii dapat mengakibatkan infrak atau abses otak (kerusakan otak) dengan bentukan berupa kista, gangguan persyarafan yang berat dan gejala sisa gangguan perkembangan. Gejala yang dapat terjadi pada bayi atau anak diantaranya adalah diare, kembung, muntah demam tinggi, bayi tampak kuning, kesadaran menurun (malas minum, tidak menangis) mendadak biru, sesak hingga kejang.

Bayi prematur, berat badan lahir rendah (kurang dari 2.500 gram) dan penderita gangguan kekebalan tubuh adalah individu yang paling berisiko untuk mengalami infeksi ini. Meskipun jarang, bakteri patogen ini dapat mengakibatkan bakterimeia dan osteomielitis (infeksi tulang) pada penderita dewasa.


Baca juga Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih susu formula bagi bayi.

Menjaga susu formula aman dari bakteri
Untuk mengurangi resiko kontaminasi susu formula ada satu hal sederhana dan mudah untuk dilakuakan, Cara termudah adalah:

  1. Cuci tangan dan sterilkan semua peralatan untuk membuat atau mengencerkan susu formula. Botol direbus dalam air mendidih. 
  2. Larutkan atau encerkan susu formula dengan air yang sudah steril. Artinya air direbus lebih dahulu hingga mendidih, kemudian turunkan suhunya hingga 70-80 derajat celcius. 
  3. Gunakan air yang bersih, jika menggunakan air dalam kemasan tetap saja dimask hingga mendidih. 
  4. Perikasa kemasan susu formula, apa masih berbentuk sempurna atau sudah mengalami perubahan yang mencolok, Misalnya kaleng yang penyok atau rusak, mengembung, dan jika dibuka terjadi etupan kecil. 
  5. Buatlah porsi secukupnya sehingga tidak banyak menyisakan susu pada suhu ruangan terlalu lama. Susu formula yang berada di ruangan terbuka lebih dari dua jam harus dibuang. Bila disimpan dalam lemari es, selalu cek kembali kondisinya sebelum diberikan kepada bayi, dan harus dibuang jika setelah melewati 24 jam. Beberapa jenis bakteri dapat berkembang dalam suhu yang rendah. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat