Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Tips mengatasi jerawat yang membandel agar tidak lebih parah | Belajar sehat

Jerawat...!!! Hampir semua orang pernah mengalami masalah ini, termasuk saya... he.. he.. he.., tapi sebenarnya Anda tidak perlu mencemaskan hal itu, karena dalam beberapa kasus ada jerawat yang timbul itu alami. Misalnya jerawat yang timbul diusia remaja, hal ini dikarenakan peningkatan hormon seks yang membuat kelenjar-kelenjar sebasius di kulit mengalami peningkatan jumlah sebum (bahan lemak yang berfungsi membantu melumasi dan meindungi kulit).

Jerawat merupakan sebutan untuk gangguan yang terjadi dikulit wajah, leher, dada dan punggung bagian atas, yang disebabkan oleh penyumbatan dan infeksi pada folikel rambut di kulit. Jerawat  mempunyai beberapa jenis, berikut ini adalah yang paling umum:
  • Blackhead/komedo: bintik hitam kecil yang biasanya timbul di sekitar hidung dan dagu. Blackhead muncul dari sel kulit mati dan sebum yang terkumpul dalam folikel bulu di kulit, yang tidak akan berwarna/bening jika terkena udara. 
  • Pustules: Bintil meradang dengan pusat berwarna putih, muncul akibat ada aktifitas bakteri di dalam sebum yang terkumpul di folikel rambut. 
  • Cista: Benjolan meradang lunak di bawah kulit  akibat pembentukan jaringan parut disekitar daerah radang di bawah kulit. Jerawat Cista  dapat meninggalkan bekas parut.





Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi jerawat agar tidak bertambah parah.
  • Jerawat jinak dapat Anda atasi dengan obat anti jerawat yang berbentuk krim atau gel atau sabun anti bakteri untuk membasuh kulit, karena hal ini berfungsi untuk mengurangi aktifitas bakteri yang terjadi di kulit.
  • Jagalah kebersihan diri Anda, usahakan bantal yang Anda gunakan untuk tidur dalam keadaan bersih, debu pada bantal dapat menempel pada kulit wajah ketika  kita tidur. Cucilah rambut secara rutin, rambut yang kotor mampu membawa debu menempel pada kulit wajah kita, yang nantinya dapat memicu penyumbatan pada folikel rambut.
  • Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti makanan yang berlemak, makanan yang manis-manis, dan makanan berkafein.
  • Bersihkan wajah Anda dari make-up sesegera mungkin jika make-up sudah tidak dibutuhkan lagi.
  • Bersihkan wajah Anda ketika akan tidur.
  • Jangan terlalu sering mencuci wajah Anda dengan sabun, (maksimal 2 kali dalam sehari) hal ini dapat menyebabkan meningkatkan produksi sebum pada kulit wajah.
  • Anda dapat mengganti bedak padat Anda, dengan bedak tabur, hal ini dapat membantu mengurangi penyumbatan pada folikel rambut.
 Jika Anda kualahan mengatasi jerawat Anda sendiri, ada baiknya Anda membicarakan pada dokter Anda.
      
     

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat