Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat | Belajar Sehat

Pada dasarnya semua buah sangat baik bagi kesehatatan kita, karena pada buah-buahan mempunyai banyak kandunagan vitamin, mineral dan serat yang diperlukan oleh tubuh kita. Ada beberapa buah yang mampu membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita, jadi bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kolesterol sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa buah berikut ini:  

1. Alpukat

Mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein).Selain sebagai buah penurun kolesterol, alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-9 dan serat. Omega-9 dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.

2. Tomat
 
 
Laporan riset di jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung). Bedanya, tomat tidak memberi efek samping yang buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf Rahasia khasiat tomat ini ada pada senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Selain likopen, tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.Untuk mendapatkan kandungan likopen terbaik, tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu karena likopen akan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Setengah liter sari buah tomat akan memberikan perlinduangan dari sakit jantung.

3. Jeruk nipis


Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan bombay.

Anda dapat menikmati jeruk nipis dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan air hangat atau air dingin/es dengan menambahkan gula pasir secukupnya, atau menggunakannya sebagai infused water caranyapun sangat mudah, iris tipis jeruk nipis tambahkan daun mint secukupnya diamkan kurang lebih 2 jam, hal ini dilakukan agar sari-sari dari jeruk nipis dapat keluar (Anda dapat menaruhnya di dalam lemari es), setelah itu Anda dapat meminumnya.

4. Jambu Merah

Hal ini karena jambu merah mengandung banyak vitamin dan senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, karotenoid dan selenium. Antioksidan Flavonoid dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Hasil penelitian menujukkan, konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dengan dosis terukur mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 52,64% dari total dan 82,23% LDL. Ini artinya khasiat jambu merah tidak kalah dengan 3,6 mg simvastatin per kg bobot tubuh.

Selain senyawa di atas, jambu merah juga mengandung likopen, namun kandungannya tidak sebanyak tomat.

5. Anggur


Anggur mengandung serat dan berbagai jenis senyawa flavonoid dan zat catechin yang berkhasiat menurunkan kolesterol LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

6. Blueberry


Senyawa Pterostilbene terdapat dalam buah blueberry mampu merangsang protein reseptor yang ada dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya. Cara kerja senyawa ini ternyata mirip dengan Ciprofibrate (obat kimia penurun kolesterol yang cukup efektif).

Bedanya, blueberry berkerja lebih akurat dengan target reseptor sel hati. Efek samping yang dihasilkan pun nyaris tidak ada. Sementara Ciprofibrate sering membuat penggunanya merasa mual dan nyeri otot. Agar mendapatkan hasil yang maksimal agar kolesterol Anda terjaga sebaiknya konsumsi buah blueberry dalam keadaan segar. Anda juga akan mendapatkan manfaat yang hampir sama dari aneka buah beri.

7. Apel


Mengonsumsi 2 buah apel setiap hari mampu menurunkan kadar LDL dalam darah hingga 40%, lebih efektif dibanding obat-obatan kimia yang mengandung polifenol. Apel juga mengandung banyak beta glucan yang bermanfaat mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh.

8. Mangga


Mangga mengandung banyak serat prebiotik yang membantu menurunkan kadar kelesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga pectin dan vitamin C yang befungsi mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.


Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang lainnya, karena setiap buah mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh kita, dan Pastinya dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi dapat mengontrol kolesterol dalam darah.


Baca juga
Teh hijau kayu manis mampu mengatasi kolesterol Anda, minum secara rutin.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat