Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Asupan - asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh serta mafaat dan penjelasanya | Belajar sehat

Asupan-asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, agar tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah terkena infeksi penyakit sudah sepatutnya kita mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, berikut ini kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita serta manfaatnya.


A.Karbohidrat
Karbohidrat mengandung glukosa. Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa dalam proses pencernaan dan meningkatkan kadar gula darah. Dari sinilah tubuh memperoleh energi, energi ini digunakan untuk membantu mempertahankan protein jaringan tubuh, metabolisme lemak, maupun sebagai bahan bakar otak.

Perlu diketahui lonjakan glukosa dalam darah akibat konsumsi gula yang berlebih tidak baik bagi sistem imun tubuh. Glukosa memiliki efek pada penurunan simpanan vitamin C.

Bagi penderita diabetes mempunyai kandungan gula darah yang tinggi sehingga menyebabkan lebih rentan terkena infeksi. Luka kecil akibat duri atau semacamnya bisa menjadi masalah besar, infeksi dapat menyebar luas sehinggaa dapat berisiko amputasi.

Sumber karbohidrat sendiri didapat dari bahan makanan yang biasa disebut sebagai makanan pokok, seperti: beras, gandum, jagung, sagu, beras merah, singkong, kentang dan oat.

B. Protein
Protein berperan penting dalam strukur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Protein adalah dasar dari kehidupan.

Fungsi dari protein adalah sebagai pembangun jaringan dalam tubuh. Selain itu pula protein berperan membangun sistem imun tubuh yang kuat. Jika seorang anak kekurangan protein maka organ-organ sistem imunnya menalamu penyusutan, baik dari segi ukuran maupun kemampuan.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal konsumsilah protein secara pengombinasian. Sumber protein hewani seperti daging, ikan, susu, dan telur dikombinasikan dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai dan kentang.

C. Lemak
Peran lemak dalam tubuh adalah meningkatkan produksi pengatur sistem imun dalam tubuh. Leptin merupakan hormon penting yang terkandung dalam lemak berfungsi merangsang sistem imun dalam tubuh. Kekurangan leptin menyebabkan sisten imun dalam tubuh menjadi lemah dan akan menyebabkan seseorang akan rentan terkena infeksi penyakit.

Yang perlu Anda perhatikan adalah lemak dibagi menjadi dua golongan
1.Lemak tak jenuh, atau yang biasa disebut lemak sehat, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak jenis ini biasa kita temukan pada minyak zaitun, minyak  biji matahari, avokad, minyak wijen, margarin, dan minyak kacang tanah.
2.Lemak jenuh biasa kita jumpai pada lemak daging, kulit ayam, susu ful cream, minyak kelapa sawit, mentega, minyak kelapa, kelapa dan keju. Sebaiknya Anda membatasi dalam mengkonsumsi jenis lemak jenuh ini.

Sekalipun peran lemak sangatlah penting bagi tubuh kita, namun asupannya tetap perlu dibatasi terutama untuk lemak jenuh, karena konsumsi lemak berlebih akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan darah Anda.

D. Serat larut air dan serat tidak larut air
Serat merupakan bahan makanan yang berasal dari lapisan luar sel tanaman yang tidak dapat dicerna oleh usus halus namun berperan penting bagi kesehatan organ-organ pencernaan.

Serat diproduksi oleh tumbuhan sedangkan dalam produk hewani tidak terdapat serat. Baik serat larut maupun serat yang tidak larut air dapat memberi isi dan membuat fases menjadi lembek.

Itulah beberapa gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, InsyaAllah pada kesempatan yang lain akan saya sampaikan beberapa asupan gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga bermanfaat, belajar sehat ya!

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat