Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Permaian sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak | Belajar Sehat

Motorik halus merupakan kemampuan menggerakan otot-otot kecil di tangan, atau kemampuan yang membutuhkan ketrampilan khusus. Secara tidak langsung kemampuan motorik halus sangat berperan untuk mendukung kemandirian anak.

Beberapa contoh kemampuan motorik halus pada anak yang mendukung kemandirian mereka misal, kemampuan membuka dan menutup tutup botol, membuka dan menutup kancing pakaian, menyikat gigi, menyisir rambut dan kemampuan dalam memegang pensil atau mewarnai. Jika di sekolah (Taman Kanak-kanak) anak Anda masih kaku dalam memegang pensil atau masih belum rapi dalam mewarnai gambar hal ini mungkin dikarenakan kemampuan motorik halus mereka kurang atau belum terlatih dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melatih kemampuan motorik halus mereka melalui permainan-permainan sederhana namun sangat bermanfaat dalam melatih kemampuan motorik halus mereka.


Berikut ini permaianan-permaianan sederhana yang dapat membantu melatih kemampuan motorik halus anak - Belajar Sehat:

a. Lego, cara bermaian permainan ini dengan menyusun balok-balok lego. Cara memegang anak pada balok lego, menekan dan menempatkan balok lego agar pas dengan pasangannya dapat melatih kekuatan dan melemaskan otot-otot kecil pada jari-jari anak, selain itu permaianan ini dapat melatih imajinasi dan konsentrasi sang anak.

b. Meregangkan karet gelang, Biarkan anak mergangkan karet gelang dengan kedua tangannya, dengan memakai ibu jari dan jari-jari yang lainnya hingga maksimal, gerakan ini dapat dilakukan berulang-ulang.

c. Lilin mainan atau sebagian orang menyebutnya dengan malam, Dengan membentuk beberapa bentuk dari lilin maianan ini secara tidak langsung anak telah melatih jari-jari kecil mereka. Bahan lain yang dapat digunakan dalam permainan ini adalah adonan roti.

d. Membuat bola-bola kertas, Sediakan beberapa kertas bekas/kertas yang tidak terpakai (misal, koran lama) mintalah pada dia untuk merobek kertas sampai ukuran yang sesuai kemudian ajak anak Anda untuk meremas-remas kertas sampai kertas tersebut seperti bola. Kegiatan merobek dan meremas kertas dapat melatih otot-otot halus pada jari-jari mereka.

Anda dapat melanjutkannya dengan permaianan melempar bola-bola kertas ke tempat yang telah disediakan, atau dapat juga bermain perang-perangan dengan bola kertas, pastinya ruangan Anda akan berantakan namun jangan khawatir, Anda dapat membersihkannya dengan bantuan si kecil. Mengajak mereka untuk membantu Anda dalam membersihkan rumah akan menanamkan sikap tolong menolong dan suka membantu orang tua sejak dini, pastinya dimulai dengan membantu hal-hal yang ringan, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas apa yang telah ia kerjakan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat