Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Senam Kegel selain bemanfaat menguatkan otot kandung kemih juga dapat meningkatkan kualitas hubungan suami istri | Belajar Sehat

Senam kegel, menguatkan otot kandung kemih.
Gejala overactive bladder (OAB) atau kontraksi otot kandung kemih berlebihan meningkat seiring bertambahnya usia. Senam atau latihan kegel masih dikenal sebagai latihan otot-otot panggul yang bermanfaat untuk meningkatakan kualitas hubungan seksual suami istri, namun latihan kegel juga bisa untuk mengobati overactif bladder (OAB) atau terjadinya kontraksi otot kandung kemih berlebihan sehingga sulit menahan berkemih (buang air kecil). Gejalanya antara lain, keinginan berkemih sangat kuat, berkemih 8 kali sehari, atau jeda waktu berkemih kurang dari 2 jam - 2 jam 30 menit hingga sering terbangun dimalam hari, jelas untuk orang normal kondisi ini sangat mengganggu.

Pada tahun 1948 dr. Arnold Kegel, seorang ahli ginekologi dari Amerika Serikat, semula merekomendasikan untuk pasienya yang mengalami kesulitan menahan berkemih. Wanita lebih banyak mengalami OAB hal ini dikarenakan wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dari pria, jika tanda-tanda gejala OAB berlangsung selama 2-3 bulan segera periksakan diri Anda ke dokter.

Berlatih kegel adalah cara sederhana terapi OAB yang bermanfaat ganda, selain meringankan gejala OAB juga dapat meningkatakan kualitas hubungan seksual suami-istri untuk mencapai kepuasan, terutama membantu wanita untuk bisa orgasme. Intinya adalah menguatkan otot-otot panggul yang biasanya mulai melemah ketika seorang wanita usai melahirkan.

Selain bermanfaat bagi wanita, senam atau latihan kegel juga sangat bermanfaat bagi pria. Pada pria gerakan kegel sangat membantu mengontrol enjakulasi. Pria memiliki pubococcygeus untuk melindungi pinggul saat berada di lantai. Agar  maksimal saat melakukan hubungan seks, otot-otot tersebut peru dijaga dalam posisi puncak.

Gerakan senam/latihan kegel sangatlah sederhana mulailah buang air kecil dan cobalah berhenti untuk buang air kecil ditengah-tengahnya, lalu buang lagi dan tahan lagi, lakukan sampai air seni habis.





Latihan kegel dapat dilakukan dimana saja, tidak perlu alat khusus dan Anda dapat melakukannya kapan saja,bahkan ketika sibuk bekerja dan beraktifitas. Latihan kegel dapat dilakukansambi berdiri, duduk ataupun berbaring. Meskipun Anda tidak mempunyai masalah ketika berkemih atau belum pernah melahirkan, tidak ada salahnya Anda berlatih kegel untuk meningkatkan kekuatan otot panggul.

Gerakan dasar senam kegel
  • Gerakan dasar senam kegel adalah menarik otot-otot panggul dan otot-otot sekitar kemaluan, lalu ditahan dalam beberapa hitungan kemudian dikendurkan kembali.
  • Rasakan tarikan otot panggul ke dalam, dan tarikotot kemaluan perlahan hingga maksimal, lalu tahan dalam 10-20 detik, ulangi beberapa kali.
  • Selama Anda menarik otot panggul atau sekitar kemaluan, pantat Anda akan terasa kencang dan tertarik ke belakang. Lakukan secara bertahap.
  • Uji kemampuan latiahan kegel Anda  saat berkemih, cobalah tahan keluarnya air kemih beberapa saat lalu lepaskan. Jika Anda berhasil melakukannya, berarti Anda sudah mahir.


Tips agar Anda nyaman saat berkegel
  • Lakukan latihan kegel secara bertahap. Pada minggu pertama, saat gerakan menahan dan menarik otot-otot kemaluan, hitung 5-10 hitungan. Pada minggu berikutnya, tingkatkan latihan dengan menambah 15-20 hitungan.
  • Jika Anda pemula sebaiknya lakukan gerakan kegel dengan posisi berdiri, baru kemudian posisi duduk dan pada saat berkemih.
  • Meski Anda mengalami overactive bledder, jangan mengurangi mengkonsumsi air putih, agar Anda tidak dehidrasi.
  • Jangan lakukan kegel pada saat Anda hamil, karena dapat menyebabkan infeksi kandung kemih. Pada wanita hamil memang mudah ingin berkemih karena keberadaan janin yang kian membesar dan menekan kandung kemih.
Pada dasarnya latihan kegel ini sangat bermanfaat baik bagi pri maupun wanita, terutama bagi para pasien overactive bledder dan wanita sehabis melahirkan, agar otot-otot sekitar panggul menguat yang biasanya mulai melemah setelah melahirkan.
 

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat