Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Tips mengatasi ketombe, mengenal ketombe dan mengatasinya | Belajar sehat

Ketombe adalah serpihan-serpihan yang berwarna putih yang berasal dari kulit kepala yang diakibatkan meningkatnya proses trun over sel-sel epidermal, yang kemudian terjadinya pengelupasan.

Dari hasil riset terakhir ternyata yang menjadi penyebab ketombe adalah pityrosporum ovale (sejenis jamur) yang tumbuh secara berlebihan. “Hal ini normal ada pada kulit manusia,” demikian kata Dr Piet de Docker, seorang dermatologi Bergia. 




Hasil penelitian mengungkapkan populasi normal mikro organisme pada kulit kepala adalah P. ovale 45%, staphylococci 25% dan sisanya corynebacterium. Populasi tersebut dapat meningkat untuk pasien yang berketombe dengan indikasi peningkatanya sampai 75%.

Karena ketombe memang seringkali menjengkelkan, ada baiknya  Anda memperhatikan beberapa tips bagi penderita ketombe, agar ketombe Anda dapat berkurang atau menghilang.

  • Pilihlah shampo anti ketombe yang cocok bagi kulit kepala Anda, seringkali shampo anti ketombe yang berada di pasaran dapat mengakibatkan kandungan minyak pada kulit kepala berkurang sehingga kulit kepala menjadi lebih kering. 
  • Jagalah selalu kebersihan kulit kepala Anda, kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga akan mendorong berkembangnya jamur pada kulit kepala. 
  • Gunakan sisir yang bergigi jarang dan lembut, hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi pada kulit. 
  • Hindari pemakaian hair spray secara berlebihan, penggunaan zat kimia berlebih dapat mengakibatkan matinya mikroorganisme yang menguntungkan pada kulit kepala Anda. 
  • Cuci rambut dengan bersih, bilaslah rambut sampai benar-benar bersih ketika Anda mencuci rambut dengan shampo. 
  • Gunakan conditioner rambut dengan benar, jangan mengusapkan conditioner rambut pada kulit kepala Anda cukup pada rambut Anda, konditioner yang berada pda kulit kepala Akan sulit dibersihkan sampai bersih. 
  • Jagalah emosi Anda, stres, gelisah dan terlalu banyak tekanan mungkin akan memperburuk tumbuhnya ketombe, hal ini dikarenakan ketidak seimbangnya hormin pada tubuh Anda. 
  • Carilah dokter kulit unuk berkonsultasi, jika ktombe Anda sangat mengkhawatirkan, dokter dapat memberikan resep shampo untuk perawatan ketombe.

Apabila anda mengalami luka pada kulit kepala Anda dan bahkan menjurus pada infeksi, mungkin ada hal lain yang serius, segeralah periksakan diri ke ahli dermatologi, mungkin saja Anda menderita penyakit kulit yang lain.


Agar mempunyai rambut yang sehat dan indah bukan hanya ketombe yang harus dihilangkan, jagalah slalu pola makan yang seimbang, hilangkan stres, pola hidup sehat dan slalu jaga kebersihan tubuh dan kulit kepala Anda. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat