Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Penyebab bau badan dan cara mengatasinya, keringat yang berlebih | Belajar Sehat

Penyebab bau badan dan cara mengatasinya, kerigat yang berlebih. Berkeringat adalah mekanisme alami pengaturan suhu badan terhadap kondisi tubuh yang kepanasan atau aktivitas berlebih.

Pada dasarnya keringat tidaklah berbau, keringat dapat menimbulkan bau jika terlalu lama menempel pada kulit tubuh dan berinteraksi pada bakteri alami yang berapa pada kulit tubh kita. Bakteri-bakteri tersebut berkembak biak dengan cepat di keringat terutama pada keringat yang dikeuarkan oleh kelenjar apokrin. Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin mengandung lemak dan protein.
 




Macam-macam kelenjar keringat
Letak kelenjar keringat berada di bawah pwemukaan kulit dan melepaskan keringat melalui pori-pori yang berada permukaan kulit. Ada dua jenis kelenjar keringat, yang pertama adalah kelenjar accrine dan yang kedua adalah kelenjar apokrin.

Kelenjar accrine
Kelenjar accrine terdapat diseluruh tubuh dan aktif semenjak kita lahir. Keringat dari kelenjar ini adalah cairan jernih dan asin berisi berbagai macam sisa-sisa zat kimia. Pengua[an keringat ini diperlukan seperlunya untuk mengatur/mengurangi suhu badan seperlunya. Kelenjar accrine ini berpusat pada kening, telapak tangan dan telapak kaki, pada umumnya keringat akan tampak keluar lebih banyak di daerah ini.

Kelenjar aprokin
Kelenjar aprokin menjadi aktif pada saat seseorang mulai memasuki usia remaja/menginjak dewasa. kelenjar aprokin ini berpusat, di daerah ketiak, dada, dan diadaerah kemaluan. Kelenjar aprokin ini mengeluarkan keringat yang berisi lemak dan protein yang dapat mengeluarkan aroma khas seseorang, dan dianggap berperan untuk menarik lawan jenis. Namun jika keringat ini dibiarkan terlalu lama menempel dikulit akan menyebabkan bau badan karena aktifitas bakteri.


Berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi bau badan Anda.
  • Jagalah kebersihan tubuh, Cara terbaik untuk menghilangkan bau badan secara alami adalah dengan mandi bersih sediktnya satu atau dua kali dalam sehari, dan jika diperluka gunakan sabun anti septik / anti bakteri untuk membersihkan tubuh Anda terutama pada daerah kelenjar aprokin.
  • Gunakan deodoran dengan bijak/jangan berlebihan, GUnakan deodoran sesudah mandi, hal ini untuk mencegah keluarnya keringat pada bagian ini, namun jika kulit Anda teriritasi ketika menggunakan deodoran sebaiknya dihindari dan carilah alternatif lainnya.
  • Gunakan pakaian yang nyaman, gunakan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan cepat,seerti pakaian dengan bahan katun, hal ini berfunsi agar bakteri tidak dapat beriteraksi dengan keringat sehingga tidak menyebabkan bau badan.
  • HIndari makanan yang dapat merangsang keringat berlebih sehingga mengakibatkan timbulnya bau badan, seperti makanan pedas, dan makan yang berbau menyengat.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat