Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes | Belajar Sehat


Sedikit Pengertian Mengenai Diabetes – Diabetes merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat naiknya kadar gula darah atau kadar gula darah terlalu tinggi. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel di dalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin yang di produksi oleh pankreas. “Insulin adalah hormon yang berperan penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan bertugas mengubah gula darah menjadi energi”.

 


Gejala yang sering di rasakan oleh penderita diabetes adalah mudah lelah, cepat lapar, cepat haus, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, mulut kering, kulit gatal, dan penglihatan kabur. Menjaga asupan makanan sangat penting bagi penderita diabetes untuk dapat tetap mengontrol gula darah agar tidak semakin tinggi, karena jika gula darah dalam tubuh terlalu tinggi maka kesehatan penderita diabetes akan semakin memburuk.

 

Saat anda di diagnosa mengidap penyakit diabetes, maka anda harus memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi karena dapat memicu komplikasi serius atau bahkan memperparah diabetes itu sendiri. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang dan harus di hindari penderita diabetes.

Berikut ini beberapa pantangan makanan bagi penderita diabetes :

1. Buah buahan yang bercitarasa manis, Contoh buah yang dilarang untuk dimakan ppenderita diabetes adalah buah mangga, durian, semangka dan lain sebagainya.

2. Makanan yang diolah dengan cara digoreng, karena selain bisa membuat kadar gula darah meningkat, makanan yang digoreng juga dapat memicu kolesterol tinggi. Hal tersebut tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan penderita diabetes.

3. Minuman berkafein seperti kopi (Kafein merupakan zat yang dapat mempengaruhi kinerja hati dan pankreas dalam produksi insulin). Perlu anda ketahui, bahwa hormon insulin sangat diperlukan untuk membantu mengubah gula menjadi energi.

4. Selain kafein, minuman beralkohol juga sangat tidak baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak sekali gula, alkohol didalam minuman akan menyebabkan hati dan pankreas sulit memproduksi insulin.

5. Umbi-umbian merupakan sumber makanan yang banyak mengandung gula. Tubuh penderita diabetes hanya memiliki hormon insulin yang jumlahnya sangat sedikit maka gula dari umbi-umbian akan mengalir keseluruh tubuh tanpa diubah menjadi energi.

6. Jika Anda menyukai roti sebaiknya hindari makanan ini, hal ini disebabkan roti yang terbuat dari tepung putih ini adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

7. Nasi merupakan makanan pokok yang mengandung kadar gula yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai pengganti nasi, anda dapat mengkonsumsi nasi merah karena jenis nasi ini memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.


Semoga artikle ini dapat membantu Anda dalam mengontrol asupan makanan untuk menjaga kadar gula darah Anda.


Sumber artikel 

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat