Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Zat - zat gizi yang diperlukan untuk gigi kita | Belajar sehat

Ingin gigi tetap sehat dan kuat, kita mesti mengkonsumsi makanan yang beragam, agar zat -zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi. Dalam tabloid koki Dra. Emma. S  Wirakusumah, Msc, seorang ahli gizi dan kuliner menjelaskan betapa pentingnya bagi kita untuk merawat gigi kita. Selain menggosok gigi dengan teratur asupan gizi juga tidak kalah pentingnya .

Banyak sekali dimasyarakat yang kurang menyadari betapa pentingnya merawat gigi, padahal gigi mempunyai peran penting dalam pencernaan, apalgi pada anak-anak. Gigi yang pertama tumbuh pada anak merupakan gigi susu meskipun nantinya gigi susu akan tanggal dan tumbuh lagi menjadi gigi permanen, bukan berarti para orang tua tidak perlu merawat gigi susu ini, jika gigi anak telah rusak maka akan menimbulkan pembengkakan gusi dan peradangan, kondisi ini akan terasa sangat sakit hingga kesaraf pusat sehingga anak tidak mau makan ataupun minum. Ketika hal ini terjadi mungkin para orang tua mulai menyesali karena tidak merawat gigi susu sang anak sedini mungkin.


Agar gigi sehat baik pada anak atau pada orang tua maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat - zat gizi penunjang kesehatan gigi dan gusi. Zat - zat gizi penunjang kesehatan gigi diantaranya.
  •  Air ; merupakan zat gizi makro yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Peranan air bagi kesehatan gigi, membantu melancarkan produksi saliva air liur dalam mulut yang dibutuhkan untuk mengunyah makanan dan membersihkan sisa makanan yang tertinggal dalam mulut. Air liur juga mengandung zat mikro lain seperti kalsium, fosfor dan flouride yang membantu mencegah kerusakan pada gigi.
  •  Karbohidrat ; meskipun menjadi salah satu penyebab karies pada gigi, di sisi lain karbohidrat mempunyai sifat katalis yang dapat membantu proses metabolisme tubuh terhadap zat gizi lain. 
  • Lemak ; dibutuhkan untuk menyatukan zat gizi lain seperti kalsium agar dapat menyatu dengan struktur tulang dan gigi.
  • Protein ; zat gizi penting untuk pertumbuhan gigi. Juga sebagai zat antibodi yang dapat melindungi mukosa mulut dari infeksi.
  • Vitamin A ; dibutuhkan untuk menjaga keaehatan jaringan mukosa pada  mulut dan lendir mulut serta membantu perkembangan gigi. Banyak terdapat pada, sayuran hijau dan sayuran kuning, susu, telur serta makanan yang lainnya.
  • Vitamin D ; berfungsi untuk penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gogi. Banyak terdapat pada, susu, sereal, sinar ultraviolet dan minyak ikan.
  • Vitamin E ; membantu menjaga kesehatan mukoss mulut. Banyak terdapat pada, kacang-kacangan, daging, susu dan telur.
  • Vitamin K ; membantu proses pembekuan darah ketika terjadi pendarahan pada gusi. Banyak terkandung pada, sayuran hijau.
  • Vitamin C ; membantu proses penyembuhan luka dan memproduksi kolagen pada mulut. Banyak terkandung pada, buah-buahan dan sayuran hijau.
  • Vitamin B kompleks ; mencegah timbulnya rasa sakit pada mulut dan lidah. Banyak terkandung pada, biji-bijian, sayuran hijau, dan hati.
  •  Kalsium ; berperan dalam pembentukan dan kekuatan tulang dan gigi. Banyak terkandung dalam, susu, telur dan sayuran hijau.
  • Fosfor ; diperlukan untuk perkembangam rahang dan pola erupsi gigi, terdapat pada, susu, telur, daging dan kacang-kacangan.
  • Magnesium ; membantu proses mineralisasi tulang dan gigi. Banyak terdapat pada, gandum dan kacang kedelai.
  • Seng ; membantu penyembuhan luka pada mukosa mulut. Banyak terkandung dalam, hati, daging dan seafood.

Itulah tadi beberapa zat - zat penting yang diperlukan untuk kesehatan gigi, disamping mengkonsumsi makanan yang sehat kita juga dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari, sesudah makan dan sebelum tidur serta memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Demikian sedikit informasi tentang kesehatan gigi dari saya, belajar sehat yuk!. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat