Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Meminum kopi atau teh setiap pagi hari? menyehatkan atau sebaliknya? | Belajar sehat

Minum kopi dan teh setiap pagi? Menyehatkan atau sebaliknya? Simak sedikit ulasan tentang kopi dan teh berikut ini. Siapa yang tidak mengenal kopi, pasti semua orang mengenal dan pernah meminum kopi, bahkan tidak jarang mereka menjadikan minum kopi sebagai budaya atau kebiasaan. 




 

Kopi memang terkenal dengan cita rasa dan aromanya,     ada yang menggunakan aroma kopi sebagai aroma terapi untuk menenangkan syaraf. Namun di balik cita rasa dan aroma yang menggoda dari kopi, kopi mampu merangsang peminumnya untuk membentuk kebiasaan jelek, “dia tidak akan melakukan aktifitas jika tidak meminum kopi terlebih dahulu”. Dalam secangkir kopi mengandung 100 miligram kafein. Para dokter mengenal kafein sebagai obat bius, yang merupakan obat perangsang sejak zaman dahulu.

Kafein tergolong racun yang merangsang. Dosis yang mematikan adalah 10 gram, dosis yang mematikan ini terdapat dalam 80 sampai 100 cangkir kopi. Sifat dari kafein sendiri hanya menyembunyikan rasa capek, tidak menghilangkan rasa capek itu sendiri. Sedangkan rasa capek adalah satu sinyal agar tubuh beristirahat, dan kafein mematikan sinyal itu. Dengan begitu secangkir kopi merangsang semangat sesaat, tetapi kemudian menurunkan semangat.

Sedangkan untuk teh sendiri mengandung dua macam obat bius, yaitu teofilin dan kafein. Kedua obat bius ini memiliki sifat kimia yang sama. Dalam dunia pengobatan keduanya digunakan sebagai bahan perangsang, teofilin umumnya digunakan untuk jantung dan kafein untuk otak. Namun kandungan kafein dalam teh lebih sedikit dari pada kandungan kafein yang terdapat dalam kopi.

Dari sedikit penjelasan kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan teh, mungkin ada baiknya jika kita megkonsumsi minuman tersebut tidak berlebihan dan dengan bijak. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Namun dibalik kafein yang terkandung dalam kopi dan teh masih banyak kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Air besih, jus buah dan susu merupakan minuman yang sehat yang dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat