Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Lemak! siapa takut! inilah penjelan mengapa kita mencintai dan membutuhkan lemak | Belajar Sehat

Lemak! Mungkin sebagian orang beranggapan jika lemak hanya berasal dari hewan ternak saja, namun sebenarnya sumber lemak tidak hanya berasal dari hewan ternak (lemak hewani) tapi juga berasal dari tumbuh - tumbuhan (lemak nabati). Bentuk lemak sendiri beragam ada yang berbentuk cair dan ada yang berbentuk padat. 

"Tidak semua lemak bersifat jahat". Ada sebagian orang yang fobia terhadap lemak, padahal stigma yang berkembang dalam masyarakat itu keliru. Tidak semua lemak bersifat jahat dan membuat tubuh kita menjadi gendut, ada juga lemak baik ( Unsaturated fat ) atau biasa disebut lemak tidak jenuh seperti yang terkandung pada buah alpukat adalh lemak yang sehat dan tidak membeku pada suhu kamar. 

Jadi kesimpulannya lemak sehat adalah lemak yang jika kita konsumsi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan program fat-loss dapat berjalan dengan baik. mengapa lemak sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh, hal ini dikarenakan:
  • Lemak yang sehat akan membantu tubuh melakukan proses pembakaran lemak secara optimal ( karena akan membantu melicinkan pembukuh darah ).
  • Memperkuat struktur dinding sel, sehingga semua sel dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan sempurna.
  • Membantu produksi hormon, baik secara langsung atau tidak langsung akan membantu proses pembakaran lemak.  

Jika ada lemak baik pasti akan ada yang namanya lemak jahat. Trans fat berperan seperti lemak jenuh, yaitu dapat meningkatkan kadar LDL kolesterol ( lemak jahat ) sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner, Trans fat ( lemak jahat) bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya margarin, gorengan, dan lemak yang terkandung pada daging merah.

Inilah sedikit penjelasan mengapa kita membutuhkan lemak:
1. Lemak adalah sumber tenaga

Satu gram lemak mengandung 9 kalori, lebih banyak dari karbohidrat ataupun protein.
 

2.Lemak akan membantu mengatur berbagai proses di dalam tubuh.
Lemak di butuhkan tubuh untuk membentuk prostaglandin, yaitu bahn kimia alami tubuh yang menyerupai hormon yang dapat membantu mengatur berbagai proses di tubuh. Misalnya, tekanan darah, proses pembekuan darah normal, lemak darah dan sistem kekebalan.


3.Lemak membantu membawa vitamin.
Vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K dapat berfungsi dengan baik, apabila tubuh memiki cukup lemak. Vitamin A berfungsi untuk membantu penglihatan dan kekebalan tubuh, vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel, membantu produksi hormon tetosteron dan estrogen, serta menghaluskan kulit, vitamin K untuk mengeringkan luka bila terjadi pendarahan.
 

4.Lemak memberi rasa pada makanan.
Walaupun sebenarnya lemak tidak mempunyai rasa, namun mampu memberikan rasa gurih pada makanan dan menimbulkan aroma yang sedap jika dimasak sehingga merangsang selera makan.
 

5.Melindungi kesehatan jantung.
Jika kelebihan lemak terasturasi ( lemak jahat ) akan menyebabkan penyakit jantung. Lemak dari ikan yang mengandung omega 3 justru dapat melindungi kesehatan jantung. Minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, mencegah pembekuan darah yang abnormal, dan mencegah aritmia.
 

6.Lemak membantu melawan depresi.
Asam lemak omega 3 baik dalam bentuk suplementasi atau yang terkandung dalam ikan laut dingin dapat membantu memperbaiki suasana hati ( mood ). Dalam penelitian Havrad dan Cambridge menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mengurangi gejala manic depression dan bipolar disorder yang ditandai oleh mood yang naik turun.
 

7.Lemak membantu mengatasi artritis.
Manfaat lain dari omega 3 adalah menguarangi rheumatoid arthritis, penyakit autoimun yang menyerang persendian. Dosis efektif adalah 3-6 gram per hari.
 

8.Lemak membantu melawan kanker.
Jika lemak tersaturasi/ lemak jenuh/ lemak jahat meningkatkan resiko kanker, asam lemak omega 3 justru membantu menekan pertumbuhan tumor. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega 3 dapat menekan pertumbuhan kanker payudara dan kanker ususbesar.
 


9.Lemak dapat meremajakan otak.
Otak mengandung 60% lemak, khususnya pada grey matter, dan sekitar 1/3-nya adalah DHA. DHA dibutuhkan untuk pembentukan dan perkembangan otak normal, juga untuk kesehatan mental. DHA membantu mencegah mencegah penyakit degeneratif otak. Misalnya Alzheimer dan demensia.


Dari sedikit pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tubuh kita memerlukan asupan lemak yang cukup, tentunya jenis lemak yang baik atau lemak tidak jenuh ( tidak tersaturasi ). Untuk memudahkan Anda dalam mempelajari jenis-jenis lemak,dapat dilihat dalam skema gambar lemak di atas. Itulah sedikit ilmu yang dapat saya bagiakan kepada Anda mengenai manfaat dan mengapa kita mesti mencintai lemak. Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat