Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Beberapa tips menurunkan kadar kolesterol darah melalui diet, mengatur pola makan | Belajar sehat

menurunkan kadar kolesterol dalam darah melalui diet, mengatur pola makan kita, “Banyak jalan menuju Roma” mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar pribahasa ini. Sama seperti arti dari pribahasa tersebut, sebenarnya banyak sekali cara untuk menurunkuan kadarkolesterol dalam darah, agar berada dalam keadaan normal. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa tips untuk menurunkan kadar kolesterol melalui diet atau mengatur pola makan kita, sebelum melangkah lebih jauh bagi Anda yang belum mengerti apa itu kolesterol ada baiknya Anda membaca  apa sebenarnya kolesterol itu? dan faktor apa saja yang dapat membuat kadar kolesterol darah dapat naik?




Selain faktor genetika atau faktor keturunan yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah kita, faktor makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga turut berpengaruh terhadap kandungan kolesterol dalam darah, oleh karena itu kita harus memperhatikan konsumsi makanan kita. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam diet Anda agar kadar kolesterol dalam darah Anda dapat berkurang.

1.Pehatikan konsumsi kolesterol Anda, jagalah konsumsi kolesterol Anda, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Kolesterol dapat ditemukan dalam produk-produk makanan yang berasal dari binatang, misalnya daging sapi. Daging ayam, ikan, keju, kuning telur dan susu.

2.Bijak dalam mengkonsumsi karbohidrat, pada dasarnya nasi ataupun kentang tidak akan membuat kita gemuk, namun segala sesuatu (makanan) jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan masalah yang baru. Nasi dan kentang tidak mengandung lemak apapun namun meereka sangat tinggi akan kalori. Jika timbunan kalori Anda tinggi, besar kemungkinan kadar triglycerides/trigeliserida Anda akan meningkat yang berarti meningkatkan resiko perkembangan penyakit jantung, stroke dan resiko penyakit diabetes.

3.Mengurangi konsumsi gula, memang dalam gula tidak mengandung lemak namun mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan triglycerides begitu juga jumlah kalori Anda akan bertambah. Karena mendapatkan triglycerides tinggi cecara signifikan akan beresiko mendapatkan serangan jantung, maka untuk menurunkan kadar triglycerides amatlah penting. Sejumlah penelitian menunjukan  bahwa peningkatan kadar triglycerides mngkin menandakan perkembangan penyakit diabetes.

4.Perhatikan berat badan ideal Anda, perhatikan berat badan Anda agar ideal, Anda dapat menjaganya dengan rajin berolah raga dan menjaga asupan yang Anda konsumsi.
 

5.Tambahkan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam diet Anda, dengan menambahkan buah - buahan dan sayur - sayuran dalam menu diet, Anda akan mendapatkan beragam gizi yang bermanfaat bagi tumbuh Anda untuk mengontrol kolesterol dalam darah Anda.
 

6.Hilangkan mayones dalam menu Anda, Jangan mengkonsumsi mayones berlebihan karena sebagian besar bahan dasar dari mayones terbuat telu ayam, sedangkan kandungan kolesterol pada kuning telur cukup tinggi, Anda harus memperhatikan hal itu.
 

7.Konsumsi camilan secara sehat, konsumsi camilan secara bijak dan jangan berlebihan.
 

8.Tambahkan protein kedelai dalam diet Anda, pengaruh penurunan kolesterol dari protein kedelai telah dikenal lama sekali, Anda dapat mengganti asupan protein Anda dengan berbagai olahan dari kedelai seperti susu kedelai, yogurt kedelai, tahu ataupun tempe.
 

9.Tingkatkan konsumsi serat Anda, Serat mampu mengikat asam - asam empedu yang nantinya akan ikut terbuang oleh kotoran, sehingga hati harus merekut kolesterol dalam darah untuk memproduksi asam - asam empedu, jadi kandar kolesterol dalam darah secara otomatis akan berkurang. serat juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga akan memudahkan Anda agar tidak mengkonsumsi asupan makanan secara berlebihan.
 

10.Stop Alkohol, alkohol cenderung mampu meningkatkan kadar gula darah dan triglycerides. dengan mengkonsumsi alkohol yang tinggi dapat menambah resiko penyakit jantung, beberapa bentuk stroke dan kanker. 


Itulah sedikit tips dari saya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan pastinya dengan pola hidup sehat dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar koesterol dalam darah Anda. Belajar sehat yuk. Semoga bermanfaat.                                    

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat