Featured Post

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat

Image
Kandungan Nutrisi di Dalam Bayam setiap 100 gram bayam hanya mengandung sekitar 23 kalori. Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang penuh nutrisi, yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan natrium. Di antara manfaat bayam bagi kesehatan diantaranya: 1.  Menjaga Kesehatan Mata Karotenoid di dalam bayam seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Karotenoid ini dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula, fotofobia, dan katarak yang seringkali terjadi pada orang lanjut usia. 2. Menurunkan Resiko Kanker dan Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Beta karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan efek berbahaya dari proses oksidasi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan demikian, dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker dan berbagai penyakit jantung. Selain itu, beta karoten juga dapat membantu menguatkan

Manfaat protein bagi tubuh kita, mengapa kita perlu mengkonsumsi protein? | Belajar Sehat

Manfaat protein bagi tubuh kita. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel mahkluk hidup dan virus. Protein adalah inti dasar dari sebuah kehidupan. Mahklup hidup yang paling sederhana sekalipun, terbentuk dari inti sel yang mengandung protein, misalnya virus dan sel tubuh.

Satu contoh, sel darah umurnya hanya sekian hari, kemudian mati dan digantikan oleh sel baru. Pembentukan sel baru ini diperintah oeh inti sel yang terus membelah. Inti sel ini membawa kode genetik yang berupa protein, Tanpa protein tubuh kita tidak akan hidup. Inti sel semua organ ditubuh Anda  terdiri atas protein, jadi kita semua membutuhkan protein.




Mengapa kita perlu mengkonsumsi protein? Berikut ini penjelasannya. 

1. Protein membentuk dan membangun otot
Asam amino yang terdapat pada protein mampu membentuk jaringan otot baru, selain itu protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tanpa suplai protein yang cukup kapasitas mesin otot kita tidak akan meningkat.

2. Asam amino dalam protein membentuk creatine
Beberapa asam amino seperti arginine, glycine, dan methionine yang semuanya itu terdapat pada ayam, daging, olahan susu dan telur jika digabung akan membentuk creatine phospate di dalam hati. Creatine adalah materi yang membantu meningkatkan tenaga dan volume otot

3. Protein mencegah kehilangan massa otot saat berdiet
Jika anda mengurangi asupan karbohidrat, tubuh akan menggunakan protein otot sebagai bahan bakar alternanif, maka dari itu Anda harus menaikkan asupan protein agar tubuh tidak membakar jaringan otot sebagai energi.

4. Protein meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Protein sangat dibutuhkan untuk memproduksi hormon dan enzim untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Tiga asam amino: Arginine, glutamine dan histidin merupakan pemain penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh banusia (Antibodi tubuh: sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dari luar, Virus ataupun bakteri).

5. Protein merupakan bahan baku growth harmone
Asam amino agrinine merupakan bahan baku growth harmone (hormon pertumbuhan).

6. Protein meningkatkan pelepasan insulin
Insulin adalah hormon anabolik tubuh yang berarti membantu pembentukan glikogen otot dari karbohidrat, meningkatkan penyerapan protein di otot, mencegah pemecah otot. Para ilmuwan menemukan bahwa kombinasi protein dan karboidrat akan membantu menjaga hormon insulin teap baik.

7. Protein adalah bahan baku vasodilator
Vasodilator merupakan zat yang menyebabkan semakin melebarnya pembuluh darah, sehingga suplai darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen semakin optimal.

Oleh dari itu, perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi agar tubuh Anda tidak kekurangan zat yang diperlukan tubuh. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan asupan  protein dalam menu mereka sangatlah diperlukan agar tumbuh kembang mereka tidak terganggu.

Popular posts from this blog

Mengenal Kandungan gizi dan manfaat yang terdapat dalam kedelai | Belajar Sehat

Daftar makanan yang dilarang bagi penderita kolesterol tinggi, LDL tinggi | Belajar sehat

Kandungan gizi pada sayuran bayam serta manfaatnya bagi kesehatan | Belajar Sehat